TAT

Laporan Awal

PSIKODIAGNOSTIK IX ( TAT )

I.                   IDENTITAS SUBYEK

Nama : AS

Tempat/Tanggal lahir  : Jonggol, 9 April 1988

Jenis Kelamin : laki-laki

Pendidikan : SMA

Agama : Islam

Alamat : Jl. Jagakarsa no.5 Jakarta Selatan

Suku Bangsa  : Jawa-Sunda

Hobby : Mendengarkan musik, baca komik, internetan.

 

II.        IDENTITAS ORANG TUA

Nama Ayah  : R.B.S

Usia : 52 tahun

Pendidikan : D3

Pekerjaan : Karyawan Swasta

Suku bangsa  : Jawa

Agama : Islam

Alamat  : Jl.Bukitduri Puteran Jakarta – Selatan

 

Nama Ibu : N.F

Usia  : 46 tahun

Pendidikan  : SMA

Pekerjaan  : Ibu rumah tangga

Suku Bangsa  : Sunda

Agama  : Islam

Alamat  : Jl.Kemanggisan Depok

 

III.             IDENTITAS SAUDARA KANDUNG

            Subjek merupakan anak semata wayang di keluarganya. Subjek tidak memiliki kakak maupun adik. Walaupun begitu, subjek tidak merasakan kesepian.

 

IV.             ANAMNESA

Latar Belakang Keluarga

                        Subjek tinggal bersama neneknya di wilayah Kenari, Jakarta Pusat dikarenakan  orangtua telah bercerai ketika subjek duduk di bangku SMA kelas 2. Tetapi, subjek juga suka ke tempat ayah atau pun ibunya untuk menghabiskan waktu bersama. Walaupun ayah dan ibu subjek telah bercerai dan ia tinggal bersama neneknya, subjek tidak merasa sepi ataupun sendiri. Subjek termasuk orang yang dapat membawa diri dan enjoy terhadap hidupnya.

Riwayat pendidikan      

                        Saat ini subjek sedang kuliah di Universitas Persada Indonesia YAI, di daerah Jakarta Pusat, mengambil jurusan Teknik Informatika. Pernah menunda sekolah satu tahun ketika SMA (bukan karena tidak naik kelas). Pernah bersekolah di SMP Negeri 1 Cikini. Kemudian melanjutkan di SMA 4, menunda setahun, kemudian melanjutkan lagi ke SMAN 79 Jakarta.

Kehidupan Sosial

                        Subjek mengaku memiliki lumayan banyak teman. Subjek juga mengaku tipikal orang yang enggan menyapa dahulu, tetapi kalau sudah kenal biasanya teman-temannya yang merasa enjoy berteman dengannya.

Kehidupan Emosi

                        Subjek merupakan orang yang tidak pernah membuat pusing dirinya sendiri jika ada masalah. Ia selalu melihat ke sisi baiknya saja. Subjek mengaku jarang mengeluh, kecuali sedang bosan. Subjek merupakan orang yang santai, pemalas, ragu-ragu, berusaha selalu tenang dalam keadaan apapun. Ia menyukai tantangan, dan selalu berusaha untuk melebihi batas maksimal kemampuannya.

 

V.        OBSERVASI

                        Subyek terlihat sangat siap melakukan tes ini. Karena itu subyek aman terlihat tenang dan santai menghadapi kartu-kartu yang dihadapkan padanya. Subyek tidak terlihat bingung namun terkadang dalam bercerita subyek terdiam beberapa saat baru kemudian melanjutkan melanjutkan ceritanya. Subyek terkadang terlihat merubah posisi duduknya ketika akan mulai bercerita. Jarang keluar kata-kata yang meragukan dari subyek, dia sangat yakin ketika bercerita. Hal tersebut yang membuat komunikasi dari subyek dengan PP sangat baik.

 

VI.       INTERPRETASI KARTU

Kartu 1:

Ada gambar yang ada seorang anak, ehm yang lagi.. apa ya.. megang kayak semacam buku lagi memperhatikan tapi raut mukanya bingung. Disekitarnya ada kertas terus kaya semacam penggaris, itu kayaknya tas. Yang pasti sih lagi murung, lagi sedih, lagi menyesali diri. Hm.. Duduk sendirian, rambutnya rapi mungkin mau sekolah tapi bingung ga punya ongkos mungkin ga dikasih uang jajan sama orang tuanya. Mungkin dia habis melakukan kesalahan, dimarahi, dan tidak diberi uang jajan. Hmm.. kayak ada kertas, kayak taplak, kaya serbet juga yah tapi ga begitu jelas gambarnya. Yang pasti sih intinya ada seorang bocah lagi merenung, rambutnya rapi, bajunya rapi, mungkin baru mau pergi atau kemana tapi gak jadi, intinya sih itu.

Tt         : 1menit 40detik          Rt        : 2detik

Hero    : anak laki-laki

Tema   : kesedihan

Need   : n.rejection, n.harmavoidance, n. intragoression.

Press    : p.aggression (emosional)

IS        : dejection

Kartu 2 :

Gambar ini ada seorang perempuan umurnya mungkin sekitar dua puluhan lagi megang buku. Seperinya sih mahasiswa. Ia sedang meneliti untuk membuat tugasnya. Dia melihat di belakangnya ada latar belakang pertanian dan ada seorang ibu yang lagi hamil mungkin itu istri dari laki-laki yang ada di ladang itu. Hm, ada beberapa rumah atau kandang. Ada seekor kuda putih, kayanya sih putih soalnya gambar disini hitam putih, lebih terang jadi warna putih. Perempuan yang megang buku tadi, si mahasiswi itu, pake sweater tapi berkerah ada pita di tengah-tengahnya, rambut dikuncir dikepang satu. Sepertinya dia sedang ada tugas dari kuliahnya yaitu study tour ke pedesaan dan menelitinya. Lalu ia melihat ibu yang hamil tadi sedang bersandar di bawah pohon, membantunya dalam penelitian itu. Kemudian laki-laki, ga jelas lagi ngapain tapi dia ada di sebelah kuda yang putih tadi, tangannya lagi mungkiiin… ga megang apa-apa sih. Emm tangan kirinya ga begitu jelas kayanya sih lagi megang tali kudanya, yang pastinya sih di belakangnya ada ladang yang kayak laut.

Tt         : 2menit 47detik          Rt        : 3detik

Hero    : perempuan usia 20an

Tema   : study tour

Need   : n.achievement, n cognizance, n. understanding.

Press    : p.example

IS        : Ego ldeal Pride

Kartu 3 (GM):

Ada seorang bisa dibilang perempuan lagi duduk seperti duduk attahiyat sholat tapi dia ga ke kanan tapi ke kiri terus tangannya ditelungkup di kayak semacam sofa¸ ehm.. Sepertinya sih keliatan lagi lemas atau kemungkinan juga pingsan kepalanya menghadap ke bawah, di sekitar ibu itu, sebelah kirinya ada benda tapi ga jelas benda apaan. Seperti kunci tapi kayaknya bukan kunci. Rambut ibu itu seperti disanggul, umurnya ga tau karena mukanya ga keliatan. Hm.. Ya intinya sih ibu itu lagi cemas dengan apa yang terjadi dengan suaminya, mungkin. Dia habis mendengar kabar buruk yang terjadi yaitu suaminya kecelakaan. Dia merasa bersalah karena tidak ada di samping suaminya itu. Dia jatuh di dekat sofa sehingga seperti duduk attahiyat tapi posisi kaki ke kiri.

Tt         : 1menit 52detik          Rt        : 5detik

Hero    : seorang perempuan

Tema   : kecemasan

Need   : n.harmavoidance, n. intragoression

Press    : p. emosional, p.sex

IS        :

Kartu 4 :

Sepasang Kekasih seperti tahun tujuh puluhan, soalnya dandanannya model-model rambutnya tahun tujuh puluhan kayak di film-film gambar hitam putih. Laki-lakinya mungkin berumur sekitar tiga puluhan. Raut muka laki-lakinya lagi bete gitu kayak seakan-akan laki-laki itu mau pergi ninggalin perempuan, tapi yang perempuan itu mencegah, soalnya keliatan dari tangan perempuan yang sebelah kiri memegang pundak laki-laki supaya laki-lakinya gak pergi. Tapi muka laki-lakinya seperti mau meninggalkan perempuan itu. Sepertinya sih laki-laki itu udah bosan sama perempuannya itu jadinya dia mau pergi ninggalin perempuannya. Latar belakangnya kayak di rumah, disitu ada perempuan sedang menyilangkan kakinya menatap ke arah depan, kayaknya sih itu selingkuhan si laki-laki itu. Dan si laki-laki itu pergi bersama selingkuhannya.

Tt         : 1menit 42detik                      Rt        : 7detik

Hero    : laki-laki berumur tiga puluhan

Tema   : perselingkuhan

Need   : n.change, n. excitance, n.aggression (emosional), n. rejection,  n.autonomy                                    (kebebasan).

Press    : p.affiliation (emosional), p.aggression (fisik), p.dominance(paksaan,larangan),                              p.sex,

IS        : Jealousy, emotional change, dejection

Kartu 5 :

Sepertinya ada seorang ibu, ibu yang membuka pintu, sepertinya sih ga pengen masuk ke dalam hanya ngelihat keadaan di dalam ruangan itu. Karena kakinya ga masuk ke dalam dan kakinya juga justru condong seperti orang yang ingin melihat keadaan di dalam ruangannya dan ga pengen masuk gitu. Kemungkinan ini ruangannya ruang tamu atau kamar, entah itu anaknya atau siapa. Di dalam kamar itu yang jelas ada rak buku, lemari, meja, di atas meja ada vas bungan dan lampu, di lemari ada semacam rak buku lagi. Ada beberapa buku di atas rak. Ibu itu merasa ada pencuri yang ingin memasuki rumahnya, mengambil barang-barang, dan merusak apa yang ada makanya dia mengecek disekeliling.

Tt         : 1menit 30detik                      Rt        : 11detik

Hero    : seorang ibu

Tema   : waspada pencuri

Need   : n.cognizance, n.harmavoidance

Press    : p.accuisition, p.affiliation(destruktif)

IS        : distrust

Kartu 6 BM :

Ada seorang laki-laki yang sekitar umur tiga puluhan. Di sebelahnya ada ibunya. Ibu itu pandangannya kosong ke arah depan tidak ke arah laki-laki dan laki-laki di sebelahnya cenderung menatap ke bawah, sepertinya kemungkinan laki-laki itu memegang topi menampakkan penyesalan dan ibu itu matanya menatap kosong ke arah depan. Laki-laki itu membuat kesalahan sebelumnya. Ia habis bercerai dengan istrinya tetapi ga ngomong-ngomong sama ibunya itu. Ibunya mengetahui dari orang lain, makanya ibunya marah dan tidak ingin bicara sama anaknya itu.

Tt         : 1menit 36detik                      Rt        : 7detik

Hero    : laki-laki umur sekitar tiga puluhan

Tema   : perceraian

Need   : n.blameavoidance, n.harmavoidance, n.autonomy(kebebasan)

Press    : p.affiliation(emosional), p.aggression(emosional, fisik)

IS        : distrust, dijection, conflict

Kartu 7BM :

Ada dua orang laki-laki, yang satu paruh baya dan satu lagi umurnya sekitar tiga puluhan, kelihatan dari bentuk mukanya dan dandanannya. Laki-laki paruh baya menggunakan jas dan berdasi. Sedangkan laki-laki yang berumur tiga puluhan itu menggunakan seperti jas tapi berdasi juga. Keduanya saling berdekatan. Laki-laki paruh baya tadi menghadap ke laki-laki yang berumur tiga puluhan itu dan membisikkan sesuatu hal yaitu tentang pekerjaannya. Terjadilah obrolan yang serius antar laki-laki itu. Perusahaannya hampir gulung tikar dan beliau ingin laki-laki yang berumur tiga puluhan itu meneruskan membangun dan memperbaiki perusahaannya yang hampir gulung tikar itu.

Tt         : 1menit 59detik                      Rt        : 9detik

Hero    : Laki-laki paruh baya

Tema   : obrolan serius

Need   : n.achievement, n.accuisition(social), n.construction, n.succorance

Press    : p.deference(patuh)

IS        : ego ideal pride

Kartu 8 BM :

Seorang laki-laki muda umurnya sekitar delapan belasan. Ia menggunakan jas berdasi. Sepertinya laki-laki ini sedang mengingat kembali kejadian yang dialaminya dahulu. Ia mengingat pernah dioperasi ketika masih kecil. Sepertinya ia pernah memiliki penyakit yang sampai-sampai ia harus melakukan operasi. Ini terlihat dari latar belakang gambar yang terdapat anak laki-laki yang sedang berbaring di atas kasur dan disebelahnya terdapat dokter, soalnya menggunakan pakaian dokter.

Tt         : 2menit 17detik                      Rt        : 9detik

Hero    : laki-laki berumur sekitar delapan belas tahun

Tema   : mengingat kejadian dahulu

Need   : n.change, n.harmavoidance

Press    : p.physical danger

IS        : irregality

Kartu 9BM :

Ada sekelompok laki-laki yang menggunakan topi, rata-rata menggunakan topi semua sedang tiduran di atas rerumputan. Ada yang tengkurap, ada yang terlentang, ada yang miring, dan ada yang posisinya membelakangi saya, satunya lagi, lagi duduk. Lelaki terlentang sedang tidur di bagian pinggang laki-laki yang tengkurap. Tangan orang yang terlentang itu berada di pundak orang yang lagi tengkurap. Di belakang orang yang terlentang, lebih tepatnya di samping orang yang sedang tengkurap, ada orang yang tidur posisi miring. Orang-orang yang tiduran itu, kepalanya ditutupi topi semua, tapi orang yang membelakangi saya atau orang yang lagi duduk itu ga pakai topi sepertinya sedang beristirahat. Seperti pekerja yang sedang beristirahat tetapi mereka senang dan gembira karena mereka bisa berkumpul bersama. Mereka  menggunakan sabuk atau gesper, pakai jaket, pakai kemeja. Karena kalau dibilang tentara, ini bukan tentara. Ini adalah pekerja atau orang yang sedang berjalan jauh kemudian dia beristirahat. Latar belakangnya rumput-rumput.

Tt         : 2menit 5detik                        Rt        : 13detik

Hero    : para pekerja

Tema   : istirahat

Need   : n.affiliation (asosiatif)

Press    : p.affiliation(asosiatif), p.defference(patuh)

IS        : elation

Kartu 10 :

Ada seorang laki-laki dan perempuan berumur sekitar 30-40an. Laki-lakinya lebih tinggi dari perempuannya. Perempuan bersandar di dada laki-laki tersebut, dan laki-laki tersebut sepertinya mencium kening atau kepala perempuan itu. Berpelukan. Tangan kiri dari perempuan itu memegang dada laki-laki tersebut, mesra, saling menutup mata. Seakan-akan tidak saling ingin lepas satu sama lain. Gambar yang bagus, enak dilihat. Ini merupakan bentuk kegembiraan yang sangat-sangat romantis.

Tt         : 1 menit 14 detik        Rt : 10detik

Hero    : laki-laki berumur sekitar 30-40an

Tema   : kemesraan sepasang kekasih

Need   : n.affiliation(assosiatif), n.sex

Press    : p.affiliation(emosional), p.sex.

IS        : elation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s